Identitas Narasumber
-
Nama:
-
NIP/NIK:
-
Pendidikan Terakhir:
-
Mata Pelajaran yang Diampu:
-
Kelas yang Diajarkan:
-
Lama Mengajar Qur’an Hadits:
-
Nama Sekolah:
-
Tanggal Wawancara:
I. Umum
-
Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang pentingnya pelajaran Qur’an Hadits di sekolah?
-
Apa visi dan misi sekolah berkaitan dengan pendidikan agama, khususnya Qur’an Hadits?
II. Kurikulum dan Materi
-
Kurikulum apa yang digunakan dalam pembelajaran Qur’an Hadits di sekolah ini?
-
Apakah buku teks Qur’an Hadits disediakan dari pemerintah (Kemdikbud/Kemenag), atau menggunakan buku tambahan?
-
Bagaimana Bapak/Ibu menilai kesesuaian materi Qur’an dan Hadits dengan usia atau tingkat perkembangan siswa?
-
Apakah ada ayat atau hadits yang menurut Bapak/Ibu perlu ditekankan atau dijelaskan lebih dalam?
III. Strategi Pembelajaran
-
Metode apa yang biasa digunakan dalam menyampaikan materi Qur’an dan Hadits kepada siswa?
-
Apakah ada pendekatan tertentu untuk membantu siswa memahami dan mengamalkan isi Qur’an dan Hadits?
-
Bagaimana keterlibatan siswa dalam pembelajaran? Apakah bersifat aktif, diskusi, praktik, atau hafalan?
IV. Media dan Evaluasi
-
Media atau alat bantu apa saja yang biasa digunakan dalam pembelajaran (misal: audio, video, papan tulis, aplikasi)?
-
Seperti apa bentuk evaluasi pembelajaran Qur’an Hadits? (ulangan, tugas, praktik, presentasi, dsb.)
-
Apakah Bapak/Ibu pernah menggunakan soal HOTS (High Order Thinking Skills) untuk materi Qur’an Hadits?
V. Refleksi dan Rekomendasi
-
Apa saja tantangan yang sering dihadapi saat mengajarkan materi Qur’an dan Hadits?
-
Apa saran Bapak/Ibu untuk pengembangan buku teks atau metode pembelajaran yang lebih efektif?
-
Jika ada pelatihan atau program peningkatan kompetensi guru, materi apa yang menurut Bapak/Ibu paling dibutuhkan?
Penutup
-
Apakah Bapak/Ibu memiliki harapan khusus terkait masa depan pembelajaran Qur’an dan Hadits di sekolah ini?
-
Apakah ada pesan untuk mahasiswa calon guru Qur’an Hadits?
Posting Komentar untuk " PEDOMAN WAWANCARA TELAAH MATERI AL-QUR’AN DAN HADITS"