BUKU: EVALUASI PEMBELAJARAN
BAB 1: KONSEP DAN PERANAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Isi Pembahasan:
-
Pengertian Evaluasi Pembelajaran
-
Tujuan dan Fungsi Evaluasi dalam Proses Pembelajaran
-
Perbedaan Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian
-
Peran Evaluasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
-
Prinsip-prinsip Evaluasi yang Efektif
-
Tantangan dalam Pelaksanaan Evaluasi
BAB 2: KERANGKA DASAR DAN RUANG LINGKUP EVALUASI PEMBELAJARAN
Isi Pembahasan:
-
Dasar Teoritis dan Filosofis Evaluasi
-
Landasan Psikologis dan Pedagogis
-
Ruang Lingkup Evaluasi: Kognitif, Afektif, Psikomotor
-
Objek Evaluasi Pembelajaran
-
Evaluasi pada Berbagai Jenjang dan Konteks Pendidikan
BAB 3: PENDEKATAN DAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN
Isi Pembahasan:
-
Pendekatan Evaluasi: Kuantitatif vs Kualitatif
-
Model Evaluasi Klasik dan Modern (misal: Tyler, Stufflebeam, Scriven, Kirkpatrick)
-
Model Evaluasi Kontekstual
-
Pemilihan Model Evaluasi yang Tepat
-
Studi Kasus Implementasi Model Evaluasi
BAB 4: PROSEDUR, LANGKAH-LANGKAH DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN
Isi Pembahasan:
-
Perencanaan Evaluasi Pembelajaran
-
Penentuan Indikator dan Kriteria Keberhasilan
-
Penyusunan Instrumen Evaluasi
-
Pelaksanaan Evaluasi
-
Analisis Hasil Evaluasi
-
Umpan Balik dan Tindak Lanjut Evaluasi
BAB 5: JENIS ALAT DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN
Isi Pembahasan:
-
Tes sebagai Alat Evaluasi
-
Nontes sebagai Alat Evaluasi
-
Teknik Observasi, Wawancara, Angket
-
Portofolio, Proyek, dan Penilaian Kinerja
-
Pemilihan Alat Evaluasi yang Sesuai
-
Validitas dan Reliabilitas Instrumen
BAB 6: ADMINISTRASI TES: DENGAN PENEKANAN PADA ASPEK PSIKOLOGI
Isi Pembahasan:
-
Pengertian dan Tujuan Administrasi Tes
-
Prinsip-prinsip Administrasi Tes yang Baik
-
Aspek Psikologi dalam Pengadministrasian Tes
-
Pengaruh Lingkungan dan Kesiapan Psikologis Siswa
-
Etika dan Kejujuran dalam Pelaksanaan Tes
-
Peran Guru dalam Mempersiapkan dan Mengadministrasi Tes
BAB 7: ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL DAN PENGUKURAN HASIL BELAJAR
Isi Pembahasan:
-
Analisis Validitas Butir Soal
-
Analisis Reliabilitas dan Daya Pembeda
-
Tingkat Kesukaran dan Fungsi Distraktor
-
Interpretasi Hasil Tes
-
Skoring dan Pengolahan Nilai
-
Penggunaan Hasil Evaluasi untuk Perbaikan Pembelajaran
BAB 8: TEKNIK PEMBUATAN INSTRUMEN DAN PENGOLAHAN DATA NONTES
Isi Pembahasan:
-
Prinsip-prinsip Penyusunan Instrumen Nontes
-
Jenis Instrumen Nontes: Angket, Observasi, Wawancara
-
Validitas dan Reliabilitas Instrumen Nontes
-
Teknik Skoring Instrumen Nontes
-
Analisis Data Nontes
-
Penggunaan Data Nontes dalam Evaluasi Pembelajaran
BAB 9: PENGGUNAAN TES DALAM TES FORMATIF DAN TES SUMATIF
Isi Pembahasan:
-
Pengertian Tes Formatif dan Tes Sumatif
-
Tujuan dan Waktu Pelaksanaan
-
Karakteristik dan Perbedaan Tes Formatif vs Sumatif
-
Contoh Penerapan dalam Kurikulum
-
Manfaat Evaluasi Berkelanjutan
-
Peran Tes Formatif dan Sumatif dalam Penilaian Autentik
Posting Komentar untuk "DAFTAR ISI BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS 5 A PAI UNIKHAMS"