Berikut adalah instrumen wawancara/telaah yang dapat anda gunakan untuk menggali data dari lembaga (sekolah/madrasah) dalam rangka penyusunan laporan Telaah Materi SKI Kelas VII MTs Semester 2:
INSTRUMEN WAWANCARA PENELITIAN
Judul Penelitian:
Telaah Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Semester 2
Tujuan:
Menggali informasi dari pihak sekolah/madrasah, khususnya guru SKI, terkait isi materi, pendekatan pembelajaran, kesesuaian kurikulum, media, dan evaluasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
A. IDENTITAS RESPONDEN
-
Nama Responden:
-
Jabatan:
-
Nama Lembaga:
-
Alamat Lembaga:
-
No. HP (Opsional):
-
Email (Opsional):
B. DATA UMUM SEKOLAH/MADRASAH
-
Apa nama dan alamat lengkap lembaga tempat Bapak/Ibu mengajar?
-
Bagaimana status akreditasi sekolah/madrasah ini?
-
Apa visi dan misi sekolah/madrasah Bapak/Ibu?
-
Kurikulum apa yang digunakan dalam pembelajaran SKI? (Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka)
-
Berapa jumlah guru SKI di sekolah/madrasah ini? Sebutkan kualifikasi akademiknya.
-
Apa saja fasilitas penunjang pembelajaran SKI yang tersedia? (Misalnya: perpustakaan, media digital, ruang audio visual)
C. DESKRIPSI MATERI SKI
(Bagian ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, silakan pilih salah satu)
Jika menggunakan Kurikulum Merdeka (KUMER):
-
Fase, kelas, dan semester berapa yang sedang diajarkan saat ini?
-
Apa judul unit/topik materi SKI yang sedang diajarkan pada semester ini?
-
Apa Capaian Pembelajaran (CP) dari unit tersebut?
-
Sebutkan tujuan pembelajaran dan elemen/sub-elemen yang terdapat dalam kurikulum!
-
Apa Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan melalui materi tersebut?
Jika menggunakan Kurikulum 2013 (K-13):
-
Kelas dan semester berapa yang sedang diajarkan?
-
Apa judul bab materi SKI saat ini?
-
Sebutkan Kompetensi Inti (KI-1 sampai KI-4)!
-
Sebutkan Kompetensi Dasar (KD) untuk bab tersebut!
-
Apa saja indikator pembelajaran yang digunakan?
D. RINGKASAN DAN ANALISIS ISI MATERI
-
Bagaimana isi ringkasan materi SKI di bab tersebut?
-
Siapa saja tokoh atau peristiwa sejarah yang dibahas?
-
Apakah isi materi sudah sesuai dengan fakta sejarah Islam yang otentik?
-
Menurut Anda, apakah isi materi sesuai dengan tingkat pemahaman siswa?
-
Nilai-nilai Islam apa yang ditekankan dalam materi tersebut?
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
-
Metode pembelajaran apa yang biasa Bapak/Ibu gunakan dalam mengajar SKI?
-
Apakah metode tersebut cocok dengan karakteristik materi sejarah?
-
Apakah Anda pernah menggunakan metode seperti storytelling, roleplay, atau proyek sejarah? Bagaimana hasilnya?
-
Menurut Anda, adakah metode lain yang perlu dicoba agar pembelajaran SKI lebih menarik?
F. MEDIA PEMBELAJARAN DAN EVALUASI
-
Media apa saja yang digunakan dalam mengajar SKI? (misalnya: video, peta sejarah, gambar, PowerPoint)
-
Bagaimana Anda menilai efektivitas media tersebut terhadap pemahaman siswa?
-
Bagaimana bentuk evaluasi yang digunakan? (ulangan harian, kuis, proyek, dll.)
-
Apakah model evaluasi tersebut cukup efektif dalam mengukur pemahaman sejarah siswa?
-
Apa tantangan yang sering Anda hadapi dalam evaluasi pembelajaran SKI?
G. REFLEKSI DAN REKOMENDASI
-
Apa kelebihan dari materi SKI dan pendekatan pembelajaran di sekolah Anda?
-
Apa saja kendala yang dihadapi dalam pengajaran SKI?
-
Apa saran Anda untuk pengembangan materi, metode, atau media pembelajaran SKI di masa depan?
-
Harapan Anda terhadap pelajaran SKI dalam membentuk karakter dan wawasan sejarah siswa?
Posting Komentar untuk "PEDOMAN WAWANCARA TELAAH MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)"