PEDOMAN WAWANCARA TELAAH MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)

Berikut adalah instrumen wawancara/telaah yang dapat anda gunakan untuk menggali data dari lembaga (sekolah/madrasah) dalam rangka penyusunan laporan Telaah Materi SKI Kelas VII MTs Semester 2:

INSTRUMEN WAWANCARA PENELITIAN

Judul Penelitian:
Telaah Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Semester 2

Tujuan:
Menggali informasi dari pihak sekolah/madrasah, khususnya guru SKI, terkait isi materi, pendekatan pembelajaran, kesesuaian kurikulum, media, dan evaluasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

A. IDENTITAS RESPONDEN

  • Nama Responden:

  • Jabatan:

  • Nama Lembaga:

  • Alamat Lembaga:

  • No. HP (Opsional):

  • Email (Opsional):

B. DATA UMUM SEKOLAH/MADRASAH

  1. Apa nama dan alamat lengkap lembaga tempat Bapak/Ibu mengajar?

  2. Bagaimana status akreditasi sekolah/madrasah ini?

  3. Apa visi dan misi sekolah/madrasah Bapak/Ibu?

  4. Kurikulum apa yang digunakan dalam pembelajaran SKI? (Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka)

  5. Berapa jumlah guru SKI di sekolah/madrasah ini? Sebutkan kualifikasi akademiknya.

  6. Apa saja fasilitas penunjang pembelajaran SKI yang tersedia? (Misalnya: perpustakaan, media digital, ruang audio visual)

C. DESKRIPSI MATERI SKI

(Bagian ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, silakan pilih salah satu)

Jika menggunakan Kurikulum Merdeka (KUMER):

  1. Fase, kelas, dan semester berapa yang sedang diajarkan saat ini?

  2. Apa judul unit/topik materi SKI yang sedang diajarkan pada semester ini?

  3. Apa Capaian Pembelajaran (CP) dari unit tersebut?

  4. Sebutkan tujuan pembelajaran dan elemen/sub-elemen yang terdapat dalam kurikulum!

  5. Apa Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan melalui materi tersebut?

Jika menggunakan Kurikulum 2013 (K-13):

  1. Kelas dan semester berapa yang sedang diajarkan?

  2. Apa judul bab materi SKI saat ini?

  3. Sebutkan Kompetensi Inti (KI-1 sampai KI-4)!

  4. Sebutkan Kompetensi Dasar (KD) untuk bab tersebut!

  5. Apa saja indikator pembelajaran yang digunakan?

D. RINGKASAN DAN ANALISIS ISI MATERI

  1. Bagaimana isi ringkasan materi SKI di bab tersebut?

  2. Siapa saja tokoh atau peristiwa sejarah yang dibahas?

  3. Apakah isi materi sudah sesuai dengan fakta sejarah Islam yang otentik?

  4. Menurut Anda, apakah isi materi sesuai dengan tingkat pemahaman siswa?

  5. Nilai-nilai Islam apa yang ditekankan dalam materi tersebut?

E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

  1. Metode pembelajaran apa yang biasa Bapak/Ibu gunakan dalam mengajar SKI?

  2. Apakah metode tersebut cocok dengan karakteristik materi sejarah?

  3. Apakah Anda pernah menggunakan metode seperti storytelling, roleplay, atau proyek sejarah? Bagaimana hasilnya?

  4. Menurut Anda, adakah metode lain yang perlu dicoba agar pembelajaran SKI lebih menarik?

F. MEDIA PEMBELAJARAN DAN EVALUASI

  1. Media apa saja yang digunakan dalam mengajar SKI? (misalnya: video, peta sejarah, gambar, PowerPoint)

  2. Bagaimana Anda menilai efektivitas media tersebut terhadap pemahaman siswa?

  3. Bagaimana bentuk evaluasi yang digunakan? (ulangan harian, kuis, proyek, dll.)

  4. Apakah model evaluasi tersebut cukup efektif dalam mengukur pemahaman sejarah siswa?

  5. Apa tantangan yang sering Anda hadapi dalam evaluasi pembelajaran SKI?

G. REFLEKSI DAN REKOMENDASI

  1. Apa kelebihan dari materi SKI dan pendekatan pembelajaran di sekolah Anda?

  2. Apa saja kendala yang dihadapi dalam pengajaran SKI?

  3. Apa saran Anda untuk pengembangan materi, metode, atau media pembelajaran SKI di masa depan?

  4. Harapan Anda terhadap pelajaran SKI dalam membentuk karakter dan wawasan sejarah siswa?


Posting Komentar untuk "PEDOMAN WAWANCARA TELAAH MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)"