COVER
-
Judul Telaah
Contoh: Telaah Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Semester 2 -
Logo Kampus
-
Nama Penyusun
(Nama Mahasiswa) -
Nama Dosen Pembimbing
-
Mata Kuliah
Telaah Materi SKI -
Program Studi dan Institusi
(Contoh: Pendidikan Agama Islam – Universitas Islam ...) -
Tahun Penyusunan
KATA PENGANTAR
-
Ucapan syukur kepada Allah SWT
-
Penjelasan singkat tentang tujuan penyusunan telaah
-
Harapan terhadap hasil telaah sebagai bahan refleksi dan pengembangan pembelajaran SKI
-
Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait (guru, dosen, sekolah)
-
Tempat dan tanggal penyusunan
DAFTAR ISI
(Sesuai dengan isi dokumen di bawah ini)
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penjelasan tentang pentingnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk identitas, akhlak, dan wawasan sejarah peserta didik. Menjelaskan urgensi telaah materi SKI di sekolah/madrasah untuk memastikan keterpaduan antara isi materi, metode pengajaran, dan tujuan pendidikan Islam.
B. Rumusan Masalah
Contoh:
-
Apakah materi SKI sesuai dengan kompetensi dasar dan karakteristik peserta didik?
-
Bagaimana relevansi isi materi dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa?
C. Tujuan Telaah
Mengetahui kesesuaian materi SKI dengan:
-
Kurikulum yang berlaku
-
Tujuan pembelajaran
-
Nilai-nilai Islam
D. Manfaat Telaah
-
Bagi guru: bahan evaluasi pembelajaran
-
Bagi mahasiswa: pengalaman analisis lapangan
-
Bagi pengembang kurikulum: masukan untuk penguatan isi materi
BAB II: GAMBARAN UMUM SEKOLAH
A. Identitas Sekolah
Nama, alamat, dan akreditasi
B. Visi dan Misi Sekolah
C. Kurikulum yang Digunakan
Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka
D. Jumlah Guru SKI dan Kualifikasinya
E. Fasilitas Penunjang Pembelajaran SKI
(Laboratorium sejarah, perpustakaan, media pembelajaran, dll.)
BAB III: DESKRIPSI MATERI SKI
(Bagian ini dapat diulang untuk setiap bab yang dianalisis)
A. Identitas Materi (Tergantung Pakai Kurikulum apa)
A. Identitas Materi (Kurikulum Merdeka)
-
Fase / Kelas / Semester:
(contoh: Fase D / Kelas VII / Semester Ganjil) -
Judul Unit / Topik Materi:
(contoh: Akhlak Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari) -
Capaian Pembelajaran (CP):
(Tuliskan Capaian Pembelajaran sesuai dengan yang tercantum dalam dokumen Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran dan fase/kelas tersebut) -
Tujuan Pembelajaran:
(Tujuan yang lebih rinci dan operasional, diturunkan dari CP, menggambarkan apa yang diharapkan dikuasai peserta didik setelah pembelajaran) -
Elemen dan Sub Elemen:
(Sebutkan elemen/sub-elemen dari struktur kurikulum yang relevan, misal: Pemahaman Keagamaan, Profil Pelajar Pancasila) -
Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
(Contoh: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia; Bergotong-royong; Bernalar Kritis)
A. Identitas Materi (Kurikulum 2013)
-
Kelas / Semester:
(Contoh: Kelas VII / Semester Ganjil) -
Judul Bab:
(Contoh: Akhlak Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari) -
Kompetensi Inti (KI):
-
KI-1 (Sikap Spiritual)
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. -
KI-2 (Sikap Sosial)
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial. -
KI-3 (Pengetahuan)
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. -
KI-4 (Keterampilan)
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) serta ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang).
-
-
Kompetensi Dasar (KD):
(Contoh: 3.1 Menjelaskan makna akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari)
(Contoh: 4.1 Menunjukkan perilaku akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari) -
Indikator Pembelajaran:
(Contoh:-
Menjelaskan pengertian akhlak terpuji.
-
Mengidentifikasi bentuk-bentuk akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menunjukkan sikap akhlak terpuji dalam kegiatan sehari-hari.)
-
B. Ringkasan Materi
-
Inti narasi sejarah yang diajarkan
-
Tokoh, peristiwa, tempat, dan dampak historis
-
Tujuan pembelajaran dari bab tersebut
C. Analisis Isi Materi
-
Kesesuaian dengan fakta sejarah Islam yang otentik
-
Tingkat kesesuaian dengan kemampuan siswa
-
Relevansi nilai-nilai yang diajarkan (akhlak, kepemimpinan, toleransi, dsb.)
D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
-
Metode yang digunakan oleh guru SKI (di sekolah tersebut)
-
Kesesuaian metode (yang digunakan guru di sekolah) dengan karakter materi sejarah
-
Usulan metode pembelajaran alternatif (jika perlu), misalnya metode story telling, drama sejarah, pembelajaran berbasis proyek. (Menurut anda sebagai peneliti)
E. Media dan Evaluasi
-
Media pembelajaran yang digunakan (video, peta sejarah, gambar tokoh). Silahkan tanya, di sekolah itu pakai apa.
-
Contoh evaluasi (soal, kuis, proyek)
-
Analisis efektivitas evaluasi dalam mengukur pemahaman sejarah. (tanyakan ke guru, apakah yang media dan evaluasi tersebut efektif atau kurang)
BAB IV: TEMUAN DAN REKOMENDASI
-
Ringkasan hasil temuan dari observasi dan telaah
-
Kelebihan dari materi dan pendekatan pembelajaran (bisa dari guru, peneliti, atau siswa untuk jawabannya)
-
Kekurangan atau aspek yang perlu ditingkatkan
-
Rekomendasi bagi guru SKI, penyusun buku, dan pihak sekolah
BAB V: PENUTUP
-
Kesimpulan dari hasil telaah
-
Saran untuk peningkatan kualitas pembelajaran SKI di madrasah
-
Harapan ke depan agar SKI menjadi pelajaran yang lebih kontekstual dan menyenangkan
DAFTAR PUSTAKA
-
Buku teks SKI yang ditelaah
-
Buku referensi sejarah Islam (Tarikh, Sirah Nabawiyah, dst.)
-
Artikel ilmiah pendidikan/sejarah
-
Dokumen kurikulum resmi Kemenag/Kemendikbud
LAMPIRAN
-
Dokumentasi kegiatan observasi atau kunjungan ke sekolah
-
Contoh materi asli dari buku
-
LKS atau bahan ajar lain
-
Catatan atau transkrip wawancara dengan guru SKI (jika dilakukan)
Posting Komentar untuk "SUSUNAN TELAAH MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)"