PROF. MASHUDI

Suatu saat akan sampai pada waktunya

orang ngantuk itu dari  situasi

Yang disalahkan ya dosennya

orang melakukan proses pembeljaran

apa itu pembelajaran ?

proses untuk memahami sesuatu

bagaimana membuat murid mau belajar, itu pembelajaran

teori behavioristik, teori konstruktivistik

seoang guru harus memahami yang diajar

ada anak usia 6 tahun lari, sambil membawa pisau. 

enak enak menerima tamu, tahu tahu anak kita naik ke meja, 

ini kisah yang memberikan contoh untuk mengajar 

ada lagi, kalo tidak sesuai dengan gurunya, maka akan dihukum

menurut konstruktivistik, dibiarkan meski sakit, 

kalo behavioristik, biarkan


dosen hebat, dosen pembelajar

dosen dahsyat, dosen menginspirasi

anak usia 6 karn kondisi fisik, sosial, dll, 

harapan, ortu ingin anaknya sukses. 

kan ada proses, lalu kontribusi ortu apa

ingin jadi teknisi atau ilmuan? kita jadi dosen. mau jadi apa mahasiswa nanti

untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, kita cari yangefektif dan efisien

kalo dosen hanya ngajar lalu tidak berdampak untuk mahasiswa, apa manfaatnya?


Percuma kalo cuman pakai zoom. 

guru tidak bisa ergantikan, karena sentuhan kemanusiaan

kelas tanpa dinding, online

ice breaking, bagus, tapi jangan didominasi dengan masalah itu

setelah yel yel, apa yang anda rasakan

fenomena pembelajaran ?

kalo di luar negeri hanya 3 saja

dosen mengintimidasi

adanya ancaman, itu behavioristik,

masuk gak masuk terserah. itu konstruktivistik

 efektif efisien itu bagaimana prof?

sebelum belajar, tanya dulu, apa yang belum diketahui

rps , agar tujuan tercapai

strategi pembelajara, teknik, taktik

cerita, dia tahfidz

hafidz, namanya hafidz, ngajr tahfidz

gk mau disuruh, gak mau kecuali yan nyuruh kiai

lalu, disuruh benahi kran di pondok putri. gak mau

anak yang gambpang hjafal, tapi hafalan suscepat. 

anak hafalan lambat, tapi hilang cepat. 

karakteristik bidang bebrda, punya beda

jauh jauh dari blitar ke jember

mengajarlah sperti orang tersakiti

orang menyampaikan terkait dengan media. 

tujuannya satu, untuk mencapai tujuan. 

pakai proyektor, itu taktik, agar tidak lupa

mengajar harus berdampak

strategi itu sebagai cooking dalam pembelajaran

beda, metode ato strategi, metode itu yang ditulis, penterjemahan real teaching,nya itu strategi. 

dulu pernah ada, pai wajib masuk ujian nasional. tpi gus dur gak setuju

fiqh dan ilmu fiqh, itu beda. 

fiqh praktik, ilmu fiqh, ilmu yang mempelajari fiqh.

shalat kusyuf, dan khusuf, beda

fakta, prinsip, konsep. 

fakta : nabi muhamamd hijarah

prinsip : memahamkan anak

konsep : 

3 x4 = 1000, itu foto

student centered learning, itu penting, untuk menggali potensi anak kita

tentang keruwetan transportasi, sogok menyogok, pramugari

harus mementingkan SOP

PEMBELAJAR PERLU SOP

DALAM MENGAJAR, BAGAIAMAN KITA MEMOLES AGAR MENCAPAI TUJUAN

prof mashudi kuliah di depan dan ngantuk

biarkan, beliau sedang capek. biarkan kebebasan dia untuk ngantuk

buatkan langkah2 : sintak. 

SINTAK : rentetan, atau langkah-langkah. 

jangan membuat strategi yang tidak ada sintaknya

semua dosen pasti memiliki strategi yang berbeda, meski keilmuan nya sama

strategi, agar tidak membosankan atau monoton

generasi strawberyy, keliatan manis, tapi gampang lembek

lulus itu gampang, yang penting itu proses. 

belajar 10 strategi pembelajaran. 

teori apapun, tidak ada yang mnejamin, tapi bagaimana kita menghadapi masalah.

kita tidak fanatik pada satu strategi

punya materi tapi gak punya strategi, bahaya

gembok kemandegan. jangan sampai bilang, buat apa ikut pelatihan. 

bukan masalah tua atau muda. 

pstikan bisa berubah

tugas anda men diseminasi kan kepada yang lain

selama ktia tidak merubah, kita tidak berubah. 

kita bisa, karena kita berubah




















































 






































Posting Komentar untuk "PROF. MASHUDI"