Suatu saat akan sampai pada waktunya
orang ngantuk itu dari situasi
Yang disalahkan ya dosennya
orang melakukan proses pembeljaran
apa itu pembelajaran ?
proses untuk memahami sesuatu
bagaimana membuat murid mau belajar, itu pembelajaran
teori behavioristik, teori konstruktivistik
seoang guru harus memahami yang diajar
ada anak usia 6 tahun lari, sambil membawa pisau.
enak enak menerima tamu, tahu tahu anak kita naik ke meja,
ini kisah yang memberikan contoh untuk mengajar
ada lagi, kalo tidak sesuai dengan gurunya, maka akan dihukum
menurut konstruktivistik, dibiarkan meski sakit,
kalo behavioristik, biarkan
dosen hebat, dosen pembelajar
dosen dahsyat, dosen menginspirasi
anak usia 6 karn kondisi fisik, sosial, dll,
harapan, ortu ingin anaknya sukses.
kan ada proses, lalu kontribusi ortu apa
ingin jadi teknisi atau ilmuan? kita jadi dosen. mau jadi apa mahasiswa nanti
untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, kita cari yangefektif dan efisien
kalo dosen hanya ngajar lalu tidak berdampak untuk mahasiswa, apa manfaatnya?
Percuma kalo cuman pakai zoom.
guru tidak bisa ergantikan, karena sentuhan kemanusiaan
kelas tanpa dinding, online
ice breaking, bagus, tapi jangan didominasi dengan masalah itu
setelah yel yel, apa yang anda rasakan
fenomena pembelajaran ?
kalo di luar negeri hanya 3 saja
dosen mengintimidasi
adanya ancaman, itu behavioristik,
masuk gak masuk terserah. itu konstruktivistik
efektif efisien itu bagaimana prof?
sebelum belajar, tanya dulu, apa yang belum diketahui
rps , agar tujuan tercapai
strategi pembelajara, teknik, taktik
cerita, dia tahfidz
hafidz, namanya hafidz, ngajr tahfidz
gk mau disuruh, gak mau kecuali yan nyuruh kiai
lalu, disuruh benahi kran di pondok putri. gak mau
anak yang gambpang hjafal, tapi hafalan suscepat.
anak hafalan lambat, tapi hilang cepat.
karakteristik bidang bebrda, punya beda
jauh jauh dari blitar ke jember
mengajarlah sperti orang tersakiti
orang menyampaikan terkait dengan media.
tujuannya satu, untuk mencapai tujuan.
pakai proyektor, itu taktik, agar tidak lupa
mengajar harus berdampak
strategi itu sebagai cooking dalam pembelajaran
beda, metode ato strategi, metode itu yang ditulis, penterjemahan real teaching,nya itu strategi.
dulu pernah ada, pai wajib masuk ujian nasional. tpi gus dur gak setuju
fiqh dan ilmu fiqh, itu beda.
fiqh praktik, ilmu fiqh, ilmu yang mempelajari fiqh.
shalat kusyuf, dan khusuf, beda
fakta, prinsip, konsep.
fakta : nabi muhamamd hijarah
prinsip : memahamkan anak
konsep :
3 x4 = 1000, itu foto
student centered learning, itu penting, untuk menggali potensi anak kita
tentang keruwetan transportasi, sogok menyogok, pramugari
harus mementingkan SOP
PEMBELAJAR PERLU SOP
DALAM MENGAJAR, BAGAIAMAN KITA MEMOLES AGAR MENCAPAI TUJUAN
prof mashudi kuliah di depan dan ngantuk
biarkan, beliau sedang capek. biarkan kebebasan dia untuk ngantuk
buatkan langkah2 : sintak.
SINTAK : rentetan, atau langkah-langkah.
jangan membuat strategi yang tidak ada sintaknya
semua dosen pasti memiliki strategi yang berbeda, meski keilmuan nya sama
strategi, agar tidak membosankan atau monoton
generasi strawberyy, keliatan manis, tapi gampang lembek
lulus itu gampang, yang penting itu proses.
belajar 10 strategi pembelajaran.
teori apapun, tidak ada yang mnejamin, tapi bagaimana kita menghadapi masalah.
kita tidak fanatik pada satu strategi
punya materi tapi gak punya strategi, bahaya
gembok kemandegan. jangan sampai bilang, buat apa ikut pelatihan.
bukan masalah tua atau muda.
pstikan bisa berubah
tugas anda men diseminasi kan kepada yang lain
selama ktia tidak merubah, kita tidak berubah.
kita bisa, karena kita berubah
Posting Komentar untuk "PROF. MASHUDI"